Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus Dengan Mengubah Gaya Hidup Sehat

Diabetes Melitus Adalah ? Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus Dengan Modifikasi Gaya Hidup Sehat Dan Buah Mengkudu Solusi Tepat Untuk Penderita

l7Diabetes melitus atau yang sering disebut dengan penyakit kencing manis merupakan sebuah kelainan metabolik yang membuat kadar gula di dalam darah menjadi lebih tinggi dari kadar normal; kondisi tersebut kemudian mengakibatkan kadar gula di dalam urine atau air kencing juga meningkat. Nama diabetes melitus sendiri berasal dari kombinasi bahasa Yunani dan bahasa Latin yang kurang lebih memiliki arti pancuran air dengan rasa manis yang menggambarkan kencing seorang penderita diabetes melitus memiliki kadar gula tinggi atau berasa 73manis. Secara medis; diabetes melitus sangat sulit disembuhkan karena masalah kesehatan ini dipicu oleh kelainan metabolik yang terjadi sebagai akibat menurunnya kinerja organ tubuh tertentu ataupun tidak berjalannya proses metabolisme tubuh secara normal. Salah satu cara untuk mengobati penyakit diabetes melitus adalah dengan melakukan pengelolaan gaya dan pola hidup agar kadar gula dalam darah tetap normal dan menjaga metabolisme tubuh bekerja seoptimal mungkin.

38Salah satu cara mengobati penyakit diabetes melitus pada dasarnya adalah dengan menjaga kadar gula dalam darah tetap normal agar seorang penderita diabetes melitus tidak merasakan gejala ataupun gangguan kesehatan yang disebabkan oleh naiknya kadar gula dalam darah. Diabetes melitus merupakan kelainan metabolik yang dapat dialami oleh siapapun; meskipun ada beberapa golongan orang yang memiliki resiko lebih besar dari yang lain. Seseorang yang merupakan keturunan seseorang dengan diabetes melitus memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami hal yang sama. Seseorang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas juga memiliki resiko mengalami diabetes melitus lebih besar dibandingkan seseorang dengan berat badan yang normal.

24Mengetahui gejala – gejala diabetes melitus yang mungkin muncul menjadi hal yang penting bagi siapapun agar dapat melakukan deteksi dini sehingga proses mengobati penyakit diabetes melitus dan mengelola penyakit ini dapat dilakukan sedini mungkin. Gejala yang paling umum adalah naiknya frekuensi buang air kecil meskipun konsumsi cairan yang dilakukan normal ataupun dicoba untuk dikurangi. Rasa haus yang terus menerus muncul biasanya menyertai kenaikan frekuensi buang air kecil. Rasa lelah dan sakit pada bagian tubuh tertentu tanpa penyebab yang jelas juga patut dicurigai sebagai gejala diabetes melitus; hal tersebut terjadi karena kadar gula dalam darah yang meninggkat sehingga tubuh terasa pegal. Terjadi penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya meskipun nafsu dan volume makan normal ataupun meningkat. Jika terjadi kemunculan gejala – gejala tersebut maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan medis dan jika positif terkena diabetes melitus maka program mengobati penyakit diabetes melitus harus segera dijalankan.

download (2)Gejala lain yang cukup mudah dikenali adalah lambatnya proses penyembuhan luka jika terjadi luka pada kulit; munculnya masalah kulit juga dapat terjadi sebagai akibat dari naiknya kadar gula dalam darah. Penurunan daya penglihatan hingga terjadinya katarak juga dapat menjadi tanda lain dari terjadinya kelainan metabolik berupa diabetes melitus. Melakukan pemeriksaan medis yang meliputi tes urine dan darah sebaiknya segera dilakukan dan program mengobati penyakit diabetes melitus sesegera mungkin juga dilakukan jika hasil pemeriksaan menunjukkan seseorang positif mengidap diabetes melitus.

26Menjalani gaya hidup yang sehat dengan mengelola asupan nutrisi dan melakukan kegiatan olahraga secara teratur dapat menjadi salah satu cara untuk mengelola penyakit diabetes melitus dan juga dapat dilakukan untuk mencegah diabetes melitus bagi mereka yang tidak mengalami masalah kesehatan tersebut. Menjaga asupan makanan dengan gizi seimbang dan memilih jenis makanan rendah lemak atau rendah kolesterol sebaiknya dilakukan oleh penderita diabetes melitus. Merokok, mengkonsumsi makanan instan serta alkohol juga sebaiknya dikurangi atau dihentikan jika memungkinkan sebagai bagian dari program mengobati penyakit diabetes melitus melalui perbaikan gaya hidup.

20Melakukan pengelolaan menu dan pola makan merupakan bagian dari program mengobati penyakit diabetes melitus yang sangat penting. Dengan pengelolaan yang baik maka kadar gula dalam darah dapat terjaga sehingga gejala diabetes melitus yang mengganggu kegiatan sehari – hari dapat diminimalisir. Berpantang beberapa jenis makanan juga sebaiknya dilakukan sebagai bagian dari upaya mengobati penyakit diabetes melitus seperti berpantang makan durian, nangka dan nasi. Minuman bersoda dan mengandung kafein jgua sebaiknya dimasukkan ke dalam daftar makanan dan minuman yang pantang dikonsumsi sebagai bagian dari program mengobati penyakit diabetes melitus yang dialami seseorang.

23Memperbaiki gaya hidup dengan menjaga berat badan serta melakukan kegiatan olahraga secara teratur dan terukur juga merupakan bagian dari program mengobati penyakit diabetes melitus yang sangat penting. Kegiatan fisik dapat meningkatkan kelancaran metabolisme tubuh sehingga mencegah terjaidnya fluktuasi kadar gula dalam darah seseorang yang menderita diabetes melitus. Selain itu ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus seperti oatmeal dan gandum sebagai sumber karbohidrat jika berpantang untuk mengkonsumsi nasi. Gandum dan oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang membutuhkan proses lebih lama untuk diubah menjadi glukosa oleh sistem pencernaan. Gandum dan oatmeal juga kaya akan serat sehingga membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

25Ada beberapa jenis sayuran dan buah yang juga dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai bagian dari upaya mengobati penyakit diabetes melitus yang dialami. Bayam merupakan sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan antioksidan tinggi serta mengandung lutein yang memiliki manfaat mirip dengan karotenoid yang dapat menyehatkan mata. Sedangkan jenis buah yang sangat dianjurkan dikonsumsi untuk mengobati penyakit diabetes melitus adalah buah mengkudu. Buah yang juga populer disebut dengan TNO ini sangat lazim ditemui di Indonesia dan telah lama diketahui sebagai buah yang berkhasiat sehingga sering digunakan sebagai bahan jamu. Buah ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes melitus karena memiliki kandungan berbagai vitamin, protein, mineral serta zat aktif yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

1Beberapa kandungan zak aktif utama dalam buah mengkudu atau TNO yang bermanfaat mengobati penyakit diabetes melitus adalah , xeronine dan proxeronine. Ketiga senyawa tersebut dapat membantu kerja pankreas yang biasanya bermasalah dan menjadi pemicu terjadinya kenaikan kadar gula dalam darah karena gagal memproduksi insulin. Terpenoid akan membantu proses sintesa organik dan memulihkan sel – sel tubuh yang rusak serta tidak berfungsi secara optimal. Sedangkan xeronine dan proxeronine akan membantu tubuh mengaktifkan protein yang tidak aktif serta membantu proses pembentukan sel dengan membantu pengaturan struktur sel yang dibangun. Di sisi lain;
250 mengobati penyakit diabetes melitus dengan mengkonsumsi buah mengkudu memiliki tantangan tersendiri karena rasa dan aroma yang tidak enak. Mengkonsumsi produk olahan buah mengkudu seperti jus TNO merupakan salah satu solusi praktis bagi siapapun yang ingin menggunakan mengkudu sebagai bagian dari pengobatan diabetes melitus. Jus TNO dapat dibeli langsung secara online dengan mengunjungi situs http://diabetes-melitus.net/daniel/. untuk kemudahan bertransaksi secara online tanpa harus meninggalkan rumah.

012 Post-Ender

Mohon Isi Nama Panggilan Anda

Mohon Isi Email Anda